1,980 Ribu Siswa SMK di Barsela Jalani Tes Urine

1,980 Ribu Siswa SMK di Barsela Jalani Tes Urine

1,980 Ribu Siswa SMK di Barsela Jalani Tes Urine

Sebanyak 1,980 ribu siswa SMK di Pantai Barat Selatan-Aceh, menjalani tes urine

yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Aceh bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Aceh.
Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Syaridin, S.Pd, M.Pd, dalam keterangan pers menyampaikan tes urine tersebut berlangsung Rabu (21/11/2018) di 21 SMK Negeri dan 1 SMK Swasta.
Ia juga menginformasikan pada gelombang ke dua ini, selain Pantai Barat Selatan-Aceh, tes urine secara serentak ini juga dilakukan di Banda Aceh, Sabang dan Aceh Besar.
Di Pantai Barat Selatan Aceh sebanyak 1,980 orang siswa, Banda Aceh 500 orang, Sabang 200 orang dan Aceh Besar 400 orang siswa. Total tes urine gelombang ke dua ini sebanyak 3,080 ribu orang siswa.

“Tes urine gelombang ke dua ini melibatkan petugas dari Badan Narkotika Nasional Provinsi

(BNNP) Aceh. Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya pemerintah dalam memerangi peredaran narkoba di provinsi Aceh,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Aceh ini.
Ia menyebutkan bahwa tes urine tersebut bertujuan untuk pencegahan, pemberatasan, penyalahgunaan dan peredaran narkotika dikalangan siswa SMK se-Aceh.
“Ini sebagai upaya pencegahan pemberantasan narkoba di kalangan pelajar. kepada siswa kita himbau untuk tidak perlu takut melakukan tes urine yang kita laksanakan bersama petugas BNNP Aceh,” ujar Kadisdik Aceh.
Menurut dia, tes urine yang dilakukan secara acak untuk siswa kelas I alias kelas 10 SMA tersebut bagian dari penyuluhan, pencegahan, pemberatasan, penyalahgunaan dan peredaran narkotika dikalangan siswa SMK se-Aceh dan bukan untuk penangkapan.

“Itu sebabnya, kita meminta siswa tidak perlu takut pada kegiatan yang dilaksanakan Dinas Pendidikan

dengan Badan Nasional Narkotika Provinsi (BNNP) Aceh ini. Sebabnya, ini hanya bagian dari penyuluhan dan pembinaan, bukan untuk menangkap para siswa,” katanya.
Masih kata Kadisdik Aceh, tes urine untuk siswa SMK di Pantai Barat Selatan-Aceh tersebut berlangsung aman tertib dan mendapat sambutan antusias dari pelajar SMK.
“Pelaksanaan tes urine ini disambut antusias peserta didik SMK di Pantai Barat Selatan-Aceh, seperti di SMKN 1 Meulaboh dan SMKN 2 Meulaboh dengan jumlah siswa yang menjalani tes urine sebanyak 400 orang siswa. Dan secara umum seluruh Aceh tahun ini ada 7.000 siswa yang dilakukan tes urine,” katanya lagi. Ia menambahkan, hasil tes urine ini nantinya akan disampaikan pihak BNNP Aceh ke Dinas Pendidikan Aceh.
Pantauan di lokasi, siswa diberikan satu tempat penampungan urine dan mereka kemudian bergegas ke ruang toilet. Para siswa kemudian membawa air seni (urine) mereka untuk diserahkan ke petugas BNNP untuk dilakukan tes.

 

Baca Juga :