5 Custom ROM Terbaik Untuk Android yang Wajib Kamu Coba

5 Custom ROM Terbaik Untuk Android yang Wajib Kamu Coba

 

5 Custom ROM Terbaik Untuk Android yang Wajib Kamu Coba

5 Custom ROM Terbaik Untuk Android yang Wajib Kamu Coba

Salah satu kelebihan utama android adalah sifatnya yang open source. Karenanya, siapa saja bisa memodifikasi android sesuai dengan kebutuhannya. Nah, dari modifikasi tersebut, lahirlah yang disebut dengan Custom ROM. Custom ROM adalah ROM pihak ketiga yang bisa kamu gunakan untuk menggantikan ROM bawaan dari vendor.

Kelebihan Custom ROM dibandingkan dengan Stock ROM adalah lebiih cepat (biasanya), tampilan yang bisa disesuaikan, dan fitur-fitur tambahan yang tidak ada di Stock ROM. Nah, jika kamu ingin menggunakan Custom ROM, 5 Custom ROM dibawah ini bisa kamu coba.
LineageOS

LineageOS adalah salah satu nama besar dalam dunia Custom ROM. Hampir seluruh pengoprek android mengenal

nama LineageOS. LineageOS adalah proyek lanjutan dari Cyanogen, ketika Cyanogen akhirnya diberhentikan pengembangannya.

Sampai dengan saat ini, terdapat lebih dari 190 perangkat berbeda. LineageOS membawa banyak sekali fitur menarik. Seperti pengeditan navar, tema bawaan, dan masih banyak lagi.
SlimRoms

Jika kamu menginginkan ROM yang minimalis, SlimRoms bisa jadi pilihan. Karena menurut banyak testimoni orang yang sudah mencobanya, SlimRoms adalah salah satu ROM teringan dan minimalis diantara yang lain.

SlimRoms sudah dikembangkan cukup lama. Karenanya, sudah banyak perangkat yang dapat menggunakan Custom ROM ini. Mulai dari smartphone buatan HTC, LG, Samsung sampai dengan Xiaomi, semuanya tersedia.
Paranoid Android

Paranoid Android adalah salah satu Custom ROM dengan jumlah pengguna yang sangat banyak. Paranoid Androi

berfokus pada tampilan yang menarik dan juga pengoptimalan kinerja smartphone. Jadi, selain tampilannya keren, Paranoid Android juga sangat ringan digunakan.
Resurrection Remix

Resurrection Remix dikenal sebagai ROM android dengan fitur segudang. Banyak sekali fitur yang bisa kamu temukan di ROM ini. memang, Resurrection Remix menggabungkan kode sumber dari AOSP, LineageOS, SlimRoms, dan Paranoid Android. Jadi semacam penggabungan fitur dari banyak ROM tersebut.
Dirty Unicorns

Hampir sama seperti Resurection Remix, Dirty Unicorns juga membawa banyak sekali fitur. Dirty Unicorns bahkan

lebih stabil jika dibandingkan dengan Resurection Remix. Jadi, jika kamu ingin ROM banyak fitur tapi stabil, Dirty Unicorns adalah pilihan terbaik.
Kesimpulan

Itu dia 5 Custom ROM terbaik yang wajib kamu coba. Tentunya masing-masing ROM memiliki kelebihan dan kekurangan, jadi cobalah satu persatu dan gunakan yang paling kamu sukai.

Baca Juga: