5 Model Anting Paling Populer di Dunia

5 Model Anting Paling Populer di Dunia

5 Model Anting Paling Populer di Dunia

Bagi sebagian wanita, untuk tampil maksimal tak hanya dari pemilihan baju dan riasan wajah saja. Berbagai macam aksesori pun diperlukan dalam menunjang penampilan. Salah satunya adalah anting yang menjadi koleksi para wanita. Sama seperti aksesori wanita yang lainnya, anting-anting juga memiliki banyak model dan bentuk yang cukup menarik. Kira-kira apa saja, sih, model anting yang paling banyak digunakan oleh para wanita? Yuk, simak selengkapnya di sini!

Sejarah Anting

Dibalik keindahan sepasang anting, banyak cerita yang perlu Anda ketahui. Meskipun tidak ada yang tahu pasti kapan anting pertama kali dipakai. Namun, beberapa bukti menunjukkan anting sudah ada sejak 5000 tahun yang lalu. Pada masa itu, anting dipakai oleh para pria sebagai simbol kasta, agama, dan identitas bahwa orang tersebut adalah pejuang.

Penemuan arkeologi dari Persepolis di Persia kuno menjadi bukti ditemukannya anting. Sebuah ukiran dinding di istana menggambarkan tentara kekaisaran Persia yang memakai anting. Pada zaman ini anting dianggap sebagai jimat pelindung yang dipakai oleh banyak prajurit.
Anting tertua berada di Mesopotamia. Anting pada masa 3500 SM berbentuk cincin besar berpinggiran tipis. Model yang sama juga muncul pada awal berdirinya bangsa Yunani (2500-1600 SM).  Semakin melimpahnya persediaan emas, anting pun muncul menjadi beraneka ragam, seperti berbentuk bulan sabit hingga model yang rumit. Pada 475-330 SM model anting gantung dengan panjang mencapai bahu sempat populer.

Sama halnya dengan cincin, kalung, anting pun memiliki jenis yang berbeda. Beda jenis anting, tentu beda pula cara merawat dan menggunakannya. Nah, inilah berbagai jenis anting populer yang perlu Anda ketahui.

1. Model Anting Hoop

Anting hoop merupakan salah satu jenis anting yang tergolong klasik dan mudah dipadukan dengan gaya apapun. Anting ini selalu menjadi tren fashion dari dahulu sampai saat ini. Anda bisa menggunakan anting hoop berbagai outfit dan acara, mulai dari  acara santai hingga pesta. Anting hoop yang sempat menjadi tren diantaranya, anting hoop diameter besar, anting hoop berlian, anting hoop berwarna hingga berpola. Apabila Anda memiliki anting hoop emas yang sering dipakai, pastikan untuk membersihkan anting secara rutin. emakaian anting secara rutin dikhawatirkan dapat membuatnya kusam karena terkena minyak yang berasal dari tubuh, makeup, kotoran (seperti debu), dan keringat.

Nah, ada beberapa cara untuk membersihkan anting hoop kesayangan Anda. Anda bisa membersihkan dengan menggunakan sabun dan air hangat. Caranya adalah dengan mencampurkan air hangat dengan 3 tetes sabun ataupun sabun cair cuci piring yang tidak mengandung fosfat. Lalu masukkan anting emas hoop Anda di dalamnya dan sikat menggunakan sikat lembut untuk menghilangkan kotoran. Setelah itu, cuci hingga bersih dengan air hangat dan keringkan. Hal lain yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan anting emas hoop Anda adalah dengan pembersih perhiasan yang bisa Anda dapatkan di toko perhiasan atau tempat-tempat yang menjualnya.

2. Model Anting Ear Climber

Model anting ear climber merupakan anting yang digunakan dari ujung telinga bawah yang memanjang hingga ke atas. Model anting ini masih menjadi tren sampai sekarang. Bahkan para selebriti pun gemar mengenakan anting ear climber, lho. Salah satunya artis Emma Stone yang datang pada acara Screen Actors Guild Award menggunakan model anting ear climber yang bertahtakan berlian. Anting model ini terlihat sangat cantik saat ia gunakan.

Bagi Anda yang ingin tampil sedikit punk seperti Miley Cyrus juga bisa memilih model anting ini. Bagi Anda yang baru mencoba tren ini, pilih ear climber dengan ukuran kecil berdesain lembut. Jadi, Anda yang feminin pun tetap bisa mengenakan tren anting model ini. Selain itu, model anting ear climber ini bisa dipadukan dengan anting model cuff yang terlihat simple, tapi tetap terlihat stylish.

3. Model Anting Stud

Model anting giwang ini tepat bagi Anda yang suka dengan kesederhanaan. Model anting stud merupakan anting dengan desain yang paling sederhana hanya terdiri dari satu batu permata atau logam mulia yang dibentuk bulat dan didesain menempel pada daun telinga. Selain itu, jenis anting stud ini sangatlah cocok digunakan bentuk wajah apapun, serta cocok dipadupadankan dengan berbagai gaya dan berbagai acara.

Anting berlian stud merupakan salah satu anting paling populer dan banyak disukai oleh para wanita, lho! Bagi Anda yang ingin membeli anting berlian stud harus memperhatikan beberapa hal diantaranya, warna berlian, clarity, cut, ukuran anting, serta pilihan logam anting. Perlu diketahui, terutama pada ukuran anting berlian stud memang umumnya tergantung dengan selera masing-masing. Akan tetapi, ada baiknya Anda memilih ukuran yang tidak terlalu besar, juga sesuaikan dengan bentuk dan ukuran wajah Anda.

4. Model Anting Chandelier

Jenis anting ini adalah kombinasi dari anting stud dan dangle dengan desain yang lebih mewah, sehingga menimbulkan kesan elegan, feminin, dan dramatis. Biasanya, anting ini didesain dengan menggunakan logam mulia seluruhnya, atau dihiasi dengan berbagai kombinasi batu permata. Bentuk wajah hati sangatlah cocok menggunakan jenis anting ini. Anting chandelier akan  membantu menyeimbangkan bentuk wajah. Anda akan terlihat menawan menggunakan jenis anting ini saat menghadiri pesta atau perayaan besar lainnya.

5. Model Anting Dangle

Dangle merupakan jenis anting yang didesain menjuntai di bawah telinga. Desain anting ini sangatlah bervariasi, mulai dari berbentuk seperti tetesan air hingga berbentuk bulat dan kotak dengan ornamen manik-manik atau batu permata. Anting jenis ini sangat cocok bila dipadukan dengan rambut yang diikat ke atas, sehingga anting dapat menjadi fokus utama dan terlihat sangat indah. Jika Anda ingin membeli anting jenis ini, sesuaikan ukuran lebar anting dengan bentuk wajah Anda. Wanita dengan wajah round atau bulat cocok menggunakan anting jenis teardrop dan dangle. Namun mereka harus menghindari anting menjuntai yang berbentuk melingkar karena akan membuat wajah mereka tampak lebih lebar.


Baca Artikel Lainnya: