Akibat Dari Merokok

Table of Contents

Akibat Dari Merokok

Akibat Dari Merokok

Akibat Dari Merokok

 

Merokok merupakan kebiasaan yang lumrah di negeri ini. Mulai dari anak usia sekolah sampai dewasa, baik yang miskin maupun yang kaya banyak yang merokok. Di warung warung, sekolah, perkantoran, pasar dapat kita temui dengan mudah orang yang merokok. Meskipun masyarakat sudah mengetahui dengan jelas akibat merokok tapi kebiasaan itu tetap saja dilakukan. Ada yang beralasan kepala pusing kalau sehari tidak merokok, ada yang buat supaya lebih percaya diri, ada pula yang hanya sekedar buat gaya-gayaan. Kebiasaan merokok bukan saja merugikan si perokok, tetapi juga bagi orang di sekitarnya. Asap rokok yang dihirup seorang perokok mengandung komponen gas dan partikel. Partikel yang dibebaskan selama merokok sebanyak 5 x 109 pp. Komponen gas terdiri dari karbon monoksida, karbon dioksida, hidrogen sianida, amoniak, oksida dari nitrogen dan senyawa hidrokarbon. Adapun komponen partikel terdiri dari tar, nikotin, benzopiren, fenol, dan kadmium. Dibawah ini ada beberapa penyakit yang diakibatkan dari merokok yaitu :

1. Kanker Kebiasaan merokok akan meningkatkan resiko kanker pada paru-paru dan bibir. Semakin banyak anda merokok, semakin besar pula kemungkinan anda meninggal akibat kanker. karena apabila anda sudah terkena kanker kemungkinan sembuhnya sulit atau susah.

2. Penyakit Jantung Resiko perokok untuk terkena serangan jantung sangat tinggi. Hal ini disebabkan karena nikotin dan karbon monoksida yang ada dalam kandungan rokok yang merugikan fungsi jantung. Nikotin dalam rokok meskipun sudah diberi filter, tetap tidak mengurangi resiko terkena gangguan jantung. Bahkan filter yang ada tersebut bisa meningkatkan kadar karbon monoksida yang dihirup, sehingga rokok yang berfilter malah lebih buruk efeknya bagi jantung dibandingkan yang tidak berfilter. Selain itu nikotin juga bisa membuat jantung berdetak lebih cepat yang secara otomatis akan membuat tubuh menjadi lebih membutuhkan oksigen. Karbon monoksida yang mengalir dalam darah juga akan mengalangi sirkulasi oksigen ke jantung dan organ-organ tubuh lain yang membutuhkan. Itulah sebabnya merokok dapat menyebabkan komplikasi gangguan ke organ tubuh lainnya. Nikotin juga akan menyempitkan pembuluh darah yang membuat perokok akan merasakan sesak nafas.

3. Kanker Paru-Paru Umumnya kanker paru-paru disebabkan karena merokok. Asap rokok yang dihirup akan masuk dan menimbulkan flek yang akan merusak organ tersebut. Umumnya kanker paru-paru terjadi dalam tempo waktu yang cukup lama setelah pemakaian rokok secara konsisten dalam tempo waktu yang lama. Asap rokok dari tembakau tersebut membawa banyak zat yang berbahaya bagi paru-paru dalam taraf yang ditumpuk sedikit demi sedikit dan menyebabkan kerusakan yang biasanya tidak disadari.

Sumber : https://dolanyok.com/seva-mobil-bekas/