Bentuk Karakter hingga Ajarkan Roda Keorganisasian

Bentuk Karakter hingga Ajarkan Roda Keorganisasian

Bentuk Karakter hingga Ajarkan Roda Keorganisasian

Sebanyak 74 siswa SMPN 1 Jonggol, Kabupaten Bogor, mengikuti kegiatan Latihan Dasar

Kepemimpinan Siswa (LDKS) yang diselenggarakan sekolah akhir pekan kemarin.

Kegiatan yang mengusung tema mencetak kader pemimpin unggul, demokratis dan berdedikasi ini merupakan acara rutin tahunan yang diselenggarakan sekolah.

Pembina OSIS SMPN 1 Jonggol, Pilliani Ambarwati, menjelaskan kegiatan LDKS merupakan agenda rutin tahunan yang dilaksanakan sekolah, dalam melakukan pembinaan karakter bagi jajaran struktural OSIS.

”Kegiatan LDKS dilakukan selama dua hari, pada tanggal 20-21 September yang berlokasi di sekolah

. Dimana pelatihan ini diikuti sebanyak 74 orang yang terdiri dari, 56 jajaran OSIS serta 18 perwakilan ekstrakulikuler,” katanya.

Sementara itu, Kepala SMPN 1 Jonggol, Dodoy Hudaya, berharap melalui kegiatan ini para murid terutama yang termasuk dalam jajaran kepengurusan organisasi dapat menjalankan tugas dan fungsinya.

”Pelatihan seperti ini sangat dibutuhkan bagi murid yang memamg terjun langsung dalam organisasi.

Dikarenakan nantinya ilmu-ilmu ini, akan diterapkan dalam sistem manajerial program kerja mereka,” harapnya.

Masih ditempat yang sama, Wakasek Kesiswaan SMPN 1 Jonggol, Tri Wahyudin, menuturkan dalam pelaksanaan LDKS ini terdapat tujuh materi pelatihan yang diberikan kepada peserta.

”Adapun materi yang dipaparkan meliputi, kepemimpinan dan etika kehidupan organisasi, pembuatan berkas proposal, pemahaman birokrasi struktural, retorika, literasi, dan kesenian budaya hingga latihan baris berbaris,” katanya.

Ditambahkannya, paparan materi tersebut disampaikan narasumber yang merupakan para elemen tenaga pendidik serta kependidikan sekolah.

”Pemateri disampaikan para guru yang emmang mahir dalam bidangnya masing-masing. Sehingga para siswa bisa memaksimalkan pengembangan komponen materi, untuk pelaksanaan tata organisasi kedepannya,” tutup Tri.

 

Sumber :

https://www.surveymonkey.com/r/GHW5SHM