Bentuk Karakter Siswa lewat Pramuka

Bentuk Karakter Siswa lewat Pramuka

Bentuk Karakter Siswa lewat Pramuka

 Banyak cara yang bisa dilakukan oleh sekolah untuk membentuk karakter siswa

, salah satuny amelalui ekstrakurikuler pramuka. Ya, Pramuka merupakan gerakan Nasional yang bertujuan untuk pembentukan karakter, penanaman nilai moral pancasila, penggalian potensi diri dan peningkatan kreativitas dengan pembelajaran yang dilaksanakan di alam terbuka.

Pramuka memiliki manfaat untuk kehidupan sehari hari diantaranya adalah persiapan mental dan keterampilan peserta didik pramuka untuk terjun ke masyarakat. Demikian ditegaskan Pembina ekskul pramuka dan guru di SDIT Darul Maza, Bayu Nurul ichwan.

Menurutnya, banyak manfaat yang bisa didapat melalui kegiatan pramuka,

”Karena pembelajaran di pramuka sangat memperhatikan usia peserta didik, jadi tahapan – tahapan tumbuh dan kembang anak sangat dipantau dan dipenuhi oleh kegiatan kepramukaan. Pramuka sangat penting untuk membentuk karakter pemuda bangsa. Pramuka memberikan pendidikan yang membentuk karakter, seperti kedisiplinan, kesopanan, patuh pada aturan, kreatifitas, dan kecakapan berpikir, ” paparnya.

Bayu mengataka,  di pramuka anak akan dipaksa untuk aktif berkarya sehingga akan meningkatkan kecerdasan pola pikir dan produktifitas anak.  pramuka juga mengajarkan peraturan baris berbaris, sandi, semaphore, tali temali, pionering, P3K, nilai moral dan etika, kepemimpinan, organisasi, kemandirian dll.

“Pramuka adalah ekstrakurikuler yang mengajarkan tentang kehidupan jadi

mempersiapkan anggotanya agar dapat menjalani kehidupan masing – masing dengan cara yang baik, benar dan bagus. Pramuka juga memiliki dampak positif yaitu meningkatnya kecerdasan siswa dan pengalaman. Adapun dampak negatifnya harus mengorbankan waktu, tenaga, pikiran, bahkan biaya lebih untuk mengikuti kegiatan pramuka,”

Pria yang berlatih pramuka di Saka Wira Kartika Batalyon Armed 7 105 GS  itu juga menambahkan, kenalkan nilai – nilai positif yang ada di Pramuka dan bila ada nilai negatif maka sampaikan bahwa semua negatif itu hanya pendapat dari diri sendiri yang belum menikmati saat dinikmati maka akan menjadi positif. Karena pramuka bertujuan untuk kebaikan dan sangat berpengaruh untuk perkembangan siswa.

 

Baca Juga :