DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF PENGGUNAAN TEKNOLOGI INTERNET

DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF PENGGUNAAN TEKNOLOGI INTERNET

DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF PENGGUNAAN TEKNOLOGI INTERNET

Dampak positif dari segi komunikasi

Dampak positif perkembangan teknologi sangatlah banyak dalam segi komunikasi kita banyak terbantu dengan semua itu misalnya handphone , handphone dapat mempermudah kita dalam bekomunikasi dengan orang lain secara berpindah pindah atau mobile walaupun orang yang kita ajak berbicara dilokasi yang jauh dengan kita, tidak hanya itu kelebihan yang lain kita dapat lebih cepat mendapat informasi dan berita dari segala belahan bumi melalui jaringan internetnya dan melalui situs seperti google,twitter dan lain – lain, tidak hanya itu pengguna handphone mempermudah kita melakukan transaksi banking karena beberapa bank menyediakan fasilitas internet banking.
Dampak negatif dari segi komunikasi

Dari dampak positif tentu juga menimbulkan dampak negatif pula yaitu dalam internet banyak situs yang menyediakan akses pornografi, game online dan banyak orang yang menyalahgunakan untuk meraup keuntungan pribadi sebagai contoh banyaknya hacker yang membobol asset asset milik orang lain, selain itu banyak anak dibawah umur kecanduan yang namanya game online dan itu akan menggangu proses belajar mereka di sekolahan. Selain itu pula banyak kasus – kasus kriminalitas seperti penipuan lewat online shop atau jual beli secara online.

 

Dampak positif dari segi sosial

Dampak sosial banyak dipengaruhi dengan adanya kemajuan teknologi karena penggunaan internet sudah meluas ke berbagai tingkat lapisan masyarakat tentu kegiatan yang bersifat sosial semakin banyak, seperti situs untuk penggalangan dana yang diberikan kepada anak – anak yatim, panti sosial, dan korban bencana alam misalnya.
Dampak negatif dari segi sosial
Dalam hal ini sekarang marak situs – situs di internet yang membahas tentang aliran – aliran sesat, membahas hal – hal yang berbau SARA, dan hal itu sebenarnya tidak diperbolehkan karena dapat menimbulkan permusuhan, sampai konflik antara kelompok golongan yang satu dengan yang lain.

Dampak positif dari segi budaya

Karena Indonesia berdiri dari macam – macam budaya bangsa dan itu menjadi keuntungan untuk kita sebagai lahan pariwisata dan dapat menambah pendapatan masyarakat, dengan adanya internet kita dapat mempromosikan pariwisata kita yang berkaitan dengan keanekaragaman budaya, dengan membuka situs atau web yang dapat dipublikasikan ke semua orang di semua Negara.
Dampak negatif dari segi budaya
Karena seiring banyaknya orang yang berpindah tempat karena informasi di internet, misalnya, beberapa orang tertarik dengan suatu tempat tertentu dan menetap di tempat itu, dan akan menimbulkan proses akulturasi budaya dan akan menyebabkan budaya asli di daerah itu lama kelamaan akan tergerus dan hilang.
Dampak positif dari segi ekonomi industri
Dari kegiatan industri, pengusaha dapat mudah memperoleh informasi tentang penjual barang – barang baku industri yang ada di beberapa tempat terdekat dan itu juga akan mengurangi biaya/cost produksi.

Dampak negatif segi ekonomi industri

Di lihat dari sisi tenaga kerja pasti akan ada pengurangan tenaga kerja karena banyak tenaga kerja yang sudah tidak dibutuhkan, atau dengan kata lain untuk keefisienan proses produksi tersebut , sehingga akan banyak terjadi PHK dan banyak terjadi pengangguran.
Selain itu dapat menimbulkan suatu sifat konsumtif karena banyaknya iklan yang beredar di dunia maya dan itu menyebakan kemerosotan moral bagi bangsa kita, terutama kaum generasi muda kita yang sangat konsumtif dan mereka menganggap bahwa membeli produk barang dari luar negeri itu adalah suatu gengsi buat mereka dan dianggap sebagai barang mewah.
Dapat disimpulkan bahwa penggunaan internet itu dapat berdampak positif maupun negative tergantung kita menyikapinya dan menggunakanya akan tetapi kita sebagai orang pintar tentu kita sebaiknya memilah milah dulu, apakah apabila kita menggunakan internet banyak keuntungan yang kita peroleh dan itu tidak melanggar hukum atau norma dalam masyarakat boleh kita menggunakanya, tetapi apabila banyak keburukannya sebaiknya kita tinggalkan, akhir kata semoga tulisan ini berguna bagi pembaca.

Sumber : https://pengajar.co.id/