Lava yang Tersenyum di Kawah Pu’u O’o Gunung Kilauea Hawaii

Lava yang Tersenyum di Kawah Pu’u O’o Gunung Kilauea Hawaii

Lava yang Tersenyum di Kawah Pu'u O'o Gunung Kilauea Hawaii

Gunung Kilauea di Hawaii, AS

Beberapa waktu lalu, Gunung Kilauea di Hawaii, AS, mengalami erupsi. Lava menyala di kawahnya yang secara alami membentuk senyuman, jadi viral di dunia maya.

Pelancong bernama Mick Kalber yang terbang naik helikopter penyelenggara tur Paradise Helicopters, berhasil merekam momen langka saat erupsi Gunung Kilauea. Momen yang terekam kamera adalah saat lava di kawah gunung yang disebut Pu’u O’o tampak seperti emoji senyum.

Seperti yang dikutip dari detiktravel

Video lava ‘tersenyum’ itu pun banyak beredar di media sosial seperti Facebook serta Youtube. Dalam video di Youtube yang berdurasi sekitar 5 menit itu tampak helikopter terbang cukup tinggi dari kawah.

Setelah berputar sebentar, tampaklah lava yang bentuknya bagai senyuman dari balik pinggiran kawah. Ada dua titik merah menyala dengan lava yang juga membentuk garis setengah lingkaran di bawahnya. Benar-benar mirip seperti senyuman!

Secara perlahan-lahan lava dari dalam kawah mengalir di lereng gunung. Lalu terus mengalir menuju Samudera Pasifik. Tak jauh dari aliran lava ke samudera itu, tampak pula sekitar 2 kapal yang berlayar. Belum ada informasi pasti apakah kapal itu membawa turis atau tidak.

Lava dari kawah Pu’u O’o akhirnya bisa mencapai lautan untuk pertama kalinya sejak tahun 2013. Rupanya, memang banyak turis yang penasaran ingin melihat langsung momen langka aliran lava yang mengalir ke samudera ini.

Aktivitas melihat lava tersebut sebenarnya tidak terlalu disarankan karena berisiko. Pihak US Geological Survey sudah memperingati turis terkait berbagai bahayanya, seperti iritasi mata, kulit dan paru-paru karena terkena partikel vukanik.

 

Sumber : https://ngelag.com/