Opensignal: Ketersediaan Jaringan 4G di Indonesia Membaik

Opensignal: Ketersediaan Jaringan 4G di Indonesia Membaik

Opensignal Ketersediaan Jaringan 4G di Indonesia Membaik

Tahun 2019 adalah penanda dimulainya layanan 5G. Sejumlah operator di beberapa negara

sudah menggelar teknologi telekomunikasi generasi kelima tersebut secara komersial kepada pelanggannya.

Namun di Indonesia, perbaikan jaringan 4G yang menyeluruh masih menjadi tema besar selama 2019.

Perusahaan mobile analitik Opensignal telah menerbitkan laporan terbaru untuk Indonesia, Pengalaman Jaringan Seluler Desember 2019. Laporan tersebut menemukan bahwa ketersediaan jaringan 4G di Indonesia semakin membaik.

Laporan ini memiliki beberapa temuan menarik:

Ketersediaan 4G di Indonesia semakin membaik. Smartfen tetap

mempertahankan penghargaan kategori ketersediaan 4G dengan skor yang luar biasa yakni 96,4% dan jauh dari keadaan stagnan, Opensignal melihat beberapa peningkatan skor yang sangat mengesankan dari kelima operator di sebagian besar metriknya.
Telkomsel terus mendominasi dengan memenangkan enam penghargaan, dan Telkomsel satu-satunya yang diberikan peringkat baik pada kategori pengalaman video. Pengalaman pengguna pada jaringan Telkomsel lebih baik dibandingkan dengan 3, Indosat dan XL yang mempunyai masa loading yang lebih lama dan sering berhenti walau di resolusi yang lebih rendah.
Kategori Pengalaman Latensi dimenangkan oleh Telkomsel dengan skor 5 milidetik lebih cepat dari pesaing terdekat. Pengguna Indosat mengalami pengalaman unduhan dan unggahan paling lambat.

Telkomsel memenangkan penghargaan pertama Opensignal untuk kategori Pengalaman Aplikasi

Suara di Indonesia yang mengukur kualitas pengalaman atas layanan suara over-the-top (OTT) – aplikasi voice mobile seperti WhatsApp, Skype, dan Facebook Messenger – dengan menggunakan model yang berasal dari International Telecommunication Union untuk menghitung kualitas panggilan suara keseluruhan dengan serangkaian parameter teknis yang dikalibrasi.
Telkomsel mempertahankan penghargaan kategori Kecepatan Unduh dan Kecepatan Unggahan dengan skor yang jauh melampaui pesaingnya. Skor Unggahan Telkomsel hampir naik dua kali lipat hingga 46% – kenaikan terbesar di metrik ini. Sedangkan kecepatan Unduhan adalah hingga 23%. Skor Indosat melompat hingga 37%, sedangkan skor kecepatan pengguna 3 melaju hingga lebih dari 26% persen. Opensignal melihat adanya peningkatan kecepatan pada kedua metrik tersebut untuk pengguna di kelima operator.

 

Sumber :

https://namabayi.co.id/