Pembobolan situs KPU dan Cyber War

Pembobolan situs KPU dan Cyber War

Pembobolan situs KPU dan Cyber War

Cyber crime menurut wikipedia adalah istilah yang mengacu kepada aktivitas kejahatan dengan komputer atau jaringan komputer yang menjadi alat, sasaran atau tempat terjadinya kejahatan.
Dan yang termasuk ke dalam kejahatan dunia maya antara lain adalah penipuan lelang secara online, penipuan kartu kredit, confidence fraud, penipuan identitas, pornografi anak, dll.
jadi inget pada saat di LIA dulu, tugas akhir presentasi LIA saya tentang salah satunya membahas tentang cyber crime ini
Yang selama ini saya sering jumpai dalam cyber crime adalah kebanyakan tentang penipuan atau fraud, seperti phising suatu alamat website dengan tujuan mendapatkan informasi account korban, penyebaran virus, dan saling deface-mendeface suatu alamat website tertentu seperti yang pernah di lakukan oleh sebagian hacker Indonesia dengan Hacker Malaysia( liat disini, disini, atau disini).atau lumpuhnya kaskus setelah di DDoS oleh oknum dari Yogyafree.net. tapi sekarang kedua belah pihak telah berdamai

Menurut laporan Norton Cybercrime Report, studi yang mengungkap tingkat penyebaran kejahatan cyber di Indonesia menyatakan sekitar 86 persen pengguna internet telah menjadi korban kejahatan cyber. Kejahatan meliputi virus komputer, penipuan online, dan phishing.
Laporan itu menyebutkan, wabah digital yang berlangsung diam-diam ini merupakan akibat dari ketidakpedulian konsumen, yang membuat mereka menjadi rentan dan terpapar ancaman di dunia online.
“Kami semua dirugikan karena kejahatan cyber, baik secara langsung maupun melalui biaya-biaya dari lembaga finansial,” kata Effendy Ibrahim, Internet Safety Advocate and Consumer Business Head, Asia, Symantec, pada keterangannya, Rabu 29 September 2010.

Ok kembali ketopik awal, contoh kasus cyber crime, disini saya akan mencoba memebrikan contoh kasus cyber crime baik yang terjadi di Indonesia maupun di dunia Internasional.

Xnuxer

Mungkin sebagian besar dari kalian pernah mendengar nama Xnuxer, sebernarnya siapa sih xnuxer itu?

xnuxer adalah nama panggilan Dani Firmansyah di dunia underground, di tangkap Satuan Cyber Crime Direktorat Reserse Khusus Kepolisian Daerah Metro Jaya pada tanggal 24 April 2004 sekitar pukul 17:20 di Jakarta.

wew, koq sampai ditangkap Polisi Cyber, memangnya apa sih kejahatan yang dilakukan oleh xnuxer?
Jumat 16 April 2004, Xnuxer mencoba melakukan tes sistem sekuriti kpu.go.id melalui XSS (cross site scripting) dari IP 202.158.10.117, namun dilayar keluar message risk dengan level low (website KPU belum tembus atau rusak).

Sabtu 17 April 2004 pukul 03.12,42, Xnuxer mencoba lagi melakukan penetrasi ke server tnp.kpu.go.id dengan cara SQL Injection dan berhasil menembus IP tnp.kpu.go.id 203.130.201.134, serta berhasil meng-up date daftar nama partai pada pukul 11.23,16 sampai pukul 11.34,27. Teknik yang dipakai Xnuxer dalam meng-hack yakni melalui teknik spoofing (penyesatan). Xnuxer melakukan serangan dari IP 202.158.10.117, kemudian membuka IP Proxy Anonymous Thailand 208.147.1.1 sebelum msuk ke IP tnp.kpu.go.id 203.130.201.134, dan berhasil membuka tampilan nama 24 partai politik peserta pemilu.

Beruntung Xnuxer meng-hack situs KPU hanya karena ingin mengetes keamanan sistem keamanan server tnp.kpu.go.id, tanpa ada muatan politik. Di tambah, sifat Xnuxer yang sangat cooperatif, akhirnya Xnuxer hanya di bui beberapa bulan saja.

Selepas dari penjara, Xnuxer banyak melakukan perjalanan roadshow, ceramah, workshop tentang network security antara lain bersama Michael Sunggiradi. Xnuxer tetap mengoperasikan situs http://www.xnuxer.or.id untuk terus menyebarkan ilmu teknik network security. Xnuxer-pun membuat distro Linux xnuxer yang di hosting di VLSM. Berita mengenai Xnuxer ini sempat saya lihat di televisi, dan koran-koran, seperti yang bisa di lihat di situs gatra ini.

Kaskus.us vs Yogyafree.net

Pada tanggal 16—17 Mei 2008, Kaskus diserang menggunakan teknik DDoS (Distributed Denial of Service) oleh oknum yang diduga berasal dari komunitas YogyaFree (x-code). Serangan ini menyebabkan database Kaskus corrupt sehingga administrator terpaksa mengunci thread-thread yang ada. walhasil kaskus pun lumpuh. Jelas kerugian terjadi disini, karena seperti yang kita ketahui sekarang, di Kaskus ada FJB, disana perputaran uang lancar berjalan, walaupun saya tidak terkena dampak langsungnya sih, saya kenal kaskus tahun 2007 dan Join tahun 2008 dan bikin klonengan tahun 2009 (alhamdulillah udah ISO)

Sebenarnya apa sih yang menyebabkan terjadinya “perang” antara kaskus dengan x code?
Penyerangan tersebut diduga terkait dengan peristiwa perusakan (deface) situs YogyaFree beberapa hari sebelumnya. Penyerang yang mengklaim dirinya sebagai salah satu anggota Kaskus juga melontarkan celaan yang bernada mengejek di salah satu bagian forum YogyaFree. Hal tersebut membuat beberapa anggota YogyaFree berang, dan kemudian balik menyerang Kaskus dengan DDoS. Akibatnya, administrator Kaskus terpaksa mematikan server Kaskus.

Perang cyber antara kedua komunitas ini akhirnya selesai ketika kedua pengelola situs menandatangani memorandum online untuk menyudahkan pertikaian di antara keduanya. Pesan tersebut dipampang selama beberapa minggu di halaman situs masing-masing.

“Mohon perhatian dari pengguna Kaskus dan YogyaFree karena hal ini diperlukan untuk menjaga persatuan dan kesatuan Bangsa ini di Internet.

Menyikapi perkembangan akhir-akhir ini, dimana Komunitas Kaskus dan Yogyafree telah dipecah belahkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab,
sehingga menyebabkan kedua Komunitas ini menjadi saling terganggu.
Hal ini seharusnya tidak terjadi karena telah merusak persatuan kita.
Kaskus dan YogyaFree tidak akan saling mengganggu secara institusi dan merupakan forum sahabat.
Bila ada yang melakukan penyerangan yang mengatas namakan Kaskus atau YogyaFree,
maka itu hanyalah oknum yang sengaja hendak mengadu domba antar komunitas kita.
Untuk itu kedua admin komunitas menghimbau/menginstruksikan untuk menghentikan segala jenis serangan.

Hormat kami
Admin Kaskus (andre)-Mimin / Admin YogyaFree (Adi)”

Statement ini dibuat oleh kedua belah pihak pada tanggal 20 Mei 2008, Pukul 9.40
Alhamdulillah sekarang antara kaskus dan Yogyafree sudah damai.

 

Sumber : https://solopellico3p.com/