Pengertian Profesi Dan Penjabarannya

Pengertian Profesi Dan Penjabarannya

Pengertian Profesi

Pengertian Profesi

Profesi dapat diartikan sebagai suatu pekerjaan atau jabatan yang dilakukan seseorang sesuai dengan keahliannya. Ini berarti bahwa suatu keahlian atau jabatan harus dikerjakan oleh orang yang sudah terlatih dan disiapkan untuk melakukan pekerjaan tertentu. Dengan kata lain suatu profesi erat kaitannya dengan pekerjaan yang spesifik, terstandart mutunya dan dapat menjadi sumber penghasilan sesuai dengan penghargaan keprofesionalannya. Para ahli professional di Indonesian merumuskan ciri-ciri utama profesi sebagai berikut :

(a) memiliki kualifikasi akademik,  (b) memiliki Kompetensi, (c) memiliki sertifikat pendidik, (d) sehat jasmani dan (e) memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional . dengan kata lain frofesi guru sebagai jabatan dan pekerjaan tidak boleh diemban oleh sembarangan orang. Dalam  rumusan yang lebih opersional , guru sebagai jabatan diartikan sebagai jabatan fungsional yang mempunyai ruang lingkup, tugas, tanggung jawab dan wewenang bagi pengembangnya untuk melakukan kegiatan mendidik, mengajar,membimbing,mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar dan pendidikan menengah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku (perber Mendiknas dan Ka BKN 2010).

Tenaga kerja pendidik

Guru sebagai tenaga kerja pendidik memiliki cita-cita untuk melayani orang lain yang artinya mewujudkan dengan mengikuti proses pendidikan dan latihan di lembaga pendidik tenaga kependidikan dalam waktu relatif lama (hingga tingkat perguruan tinggi) sehingga memiliki pengetahuan yang luas dan keahlian, ketrampilan kecapakan dan keterampilan yang siap diabdikan untuk melayani warga pendidik. Dalam istilah guru sering disebut tenaga pendidik profesional. Sebagaimana filosofi yang dikemukakan Ki Hajar Dewntara Tut wuri handayani, ing ngarso sung tulodo, ing madya mangun karsa” yang menegaskan bahwa tidak cukup hanya dengan menguasai materi pembelajaran, guru harus mampu mengayomi peserta didik dan menjadi contoh atau teladan serta selalu mendorong untuk maju dan lebih baik. 

 

Sumber : https://pendidikan.co.id/